Linux adalah operating system yang ada di sekitar kita, hampir diantara kita menggunakan smartphone yang berjalan dengan sistem operasi Android. Linux sudah hadir sejak tahun 1991 lalu, namun keberadaan Linux sebagai sistem operasi komputer masih kalah populer dibanding Windows. 

Sistem Operasi Linux telah digunakan disejumlah pusat data dunia, salah satunya menjadi sistem operasi utama pada komputer di stasiun luar angkasa internasional.
Linux juga banyak digunakan sebagai platform pada backbone yang mengatur lalu lintas data di Internet, namun sebagian dari kita tidak menyadari hal itu.


Salah satu tampilan  Linux yang telah dibuat dengan tampilan antarmuka (user interface) yang menarik sama dengan Windows adalah Mac OS.


Ada banyak alasan mengapa kita harus mengganti sistem operasi dengan Linux


Linux relatif lebih aman dan tahan Virus Termasuk Ramsonware Wannacry
Kebanyakan virus komputer yang ada memang telah ditujukan untuk sistem operasi Windows dan aplikasi yang berjalan di lingkungan Windows.

Meskipun  demikian, tidak ada sistem yang benar-benar aman 100%, namun Linux telah dirancang dan dibuat secara open source (sistem terbuka) dimana komunitas Linux akan selalu memberikan perbaikan-perbaikan keamanan untuk setiap ancaman  yang ditemukan.
Virus yang ditujukan untuk sistem operasi dan aplikasi Windows tidak akan bisa berjalan di Linux, bahkan kita dapat membersihkan virus yang sudah menular di USB dengan menggunakan Linux.

Linux itu bersifat Open Source dan Gratis maka sudah dipastikan Halal dipergunakan secara bebas.

Salah satu sistem operasi yang berbayar adalah Windows, untuk dapat menggunakannya anda harus membayar sejumlah harga, namun dengan sistem operasi Linux termasuk FOSS (Free & Open Source Software) artinya bahwa aplikasi perangkat lunak ini bersifat bebas dengan sumber terbuka, pengguna bisa menggunakannya secara gratis tanpa harus membayar biaya lisensi dan dengan sumber terbuka yang ada, user dapat memodifikasi dan mendistribusikan kembali sistem operasi ini secara bebas, kita bahkan boleh menjual atau mendistribusikan kembali sistem operasi Linux yang telah kita unduh tadi tanpa khawatir  melanggar hak cipta. 

Banyak halaman yang menawarkan berbagai file .ISO Linux gratis yang siap diunduh dan digunakan oleh pengguna.



Sistem operasi Linux relatif lebih ringan dibanding Windows

Linux tidah membutuhkan resource hardware dengan spesifikasi tinggi, cukup dengan RAM 512, Hardisk 2 GB, dengan berbagai kapasitas prosesor, Linux dapat berjalan dengan baik.
Sangat berbeda dengan Windows, linux sangat ringan untuk dipasang diberbagai komputer dengan memory terkecil sekalipun.

Memiliki tampilan yang user-friendly

Hingga saat ini tampilan Linux sudah user-friendly, secara umum tampilan Linux sudah mengalami perbaikan.

Tampilan dari sistem operasi Linux juga sangat mudah dimodifikai sesuai dengan apa yang kita inginkan, Linux telah membuat sebuah komputer benar-benar begitu personal karena setiap pengguna dapat menentukan sendiri tampilan dan model interface apa yang ingin mereka gunakan pada komputernya masing-masing.
 
Kompatibilitas File

Semua file secara umum, dapat dioperasikan di Linux. File xls, doc, video, gambar dan lain sebagainya. Bahkan Linux memiliki software aplikasi yang juga gratis untuk kebutuhan anda di Kantor, Multimedia dan lain sebaigainya.

Dukungan Komunitas
Sangat banyak komunitas yang mendukung Linux, sehingga Sistem Operasi ini selalu mendapatkan dukungan update dari berbagai komunitas di seluruh dunia.


Berikut ini adalah daftar distro Linux yang mungkin bisa dicoba dan digunakan:


  1. Ubuntu – www.ubuntu.com
  2. Linux Mint – www.linuxmint.com

  3. Zorin OS – www.zorin-os.com

  4. Puppy Linux – www.puppylinux.com
  5. 
PCLinux OS – www.pclinuxos.com
  6. 
Debian – www.debian.org
  7. 
Fedora – www.fedora.org

  8. OpenSUSE – www.opensuse.org
  9. 
Knoppix – www.knoppix.org

  10. CentOS – www.centos.org
  11. 
Arch Linux – www.archlinux.org

  12. Kali Linux (sebelumnya dikenal sebagai BackTrack) – www.kali.org
  13. 
Xubuntu – www.xubuntu.org
  14. 
DamnSmall Linux – www.damnsmalllinux.org

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top