Sebelum membahas lebih dalam, kita mulai dari defisini webinar. Webinar sebenarnya merupakan singkatan dari dua kata yakni Web dan Seminar, disingkat menjadi webinar. Nah yang dimaksud dengan web adalah jaringaninternet atau penggunaan teknologi internet. Sedangkan seminar, tentu semua sudah faham yakni pertemuan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan tujuan tertentu.
 Jadi Webinar dapat diartikan sebuah kegiatan pertemuan antar sekelompok orang yang dijalankan dengan bantuan koneksi internet.

 

Sekilas langkah kerja Webinar

Layaknya semua seminar atau pertemuan pada umumnya tentu dibutuhkan ruang khusus. Yang membedakan adalah ruang seminar konvensional kini dirubah menjadi sarana digital yakni sebuah software atau layanan webinar. Setelah itu, setiap anggota yang ingin bergabung dengan webinar tersebut masuk pada jaringan webinar tersebut melalui perangkat onlinenya masing-masing. Dari sini setiap anggota webinar baik presentator maupun peserta akan mendapat output tidak hanya audio / suara namun juga visual tiap anggota. Semua ditampilkan dan dihubungkan oleh perangkat yang didukung koneksi internet

Selanjutnya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah Webinar? Tidak seperti seminar offline yang membutuhkan banyak keperluan untuk menyelenggarakannnya, Webinar hanya memerlukan 2 hal wajib yakni koneksi internet dan perangkat #komputer. Namun untuk menjalankannya, kualitas 2 hal tersebut harus sangat diperhatikan. Koneksi internet yang digunakan sebaiknya menggunakan internet broadband yang lebih stabil dan berkecepatan tinggi.

Mengapa menggunakan Webinar

Webinar (web-seminar) bisa menjadi alat pelatihan diri yang bermanfaat (dan murah). Namun, jika Anda hanya menyaksikan webinar sembari mengerjakan yang lain, jangan harap Anda akan menikmati hasil yang semestinya

Untuk lebih mengambil manfaatnya, silahkan dicoba terlebih dahulu :
1. Saksikan webinar bersama teman: Hal ini akan membuat Anda lebih terdorong untuk memberikan perhatian. Menyaksikan webinar bersama juga memberikan peluang untuk berdiskusi dan mencerna pengetahuan yang baru saja diserap dan bagaimana ia bisa diterapkan dalam perusahaan Anda.

2. Catat dan sebarkan: Kegiatan mencatat memang agak merepotkan tetapi ini akan memberikan Anda alasan lain untuk mendengarkan dan memahami isi webinar dengan sebaik mungkin. Dengan memberikan catatan yang Anda buat kepada para kolega yang tidak bisa menghadiri langsung webinar itu, Anda memposisikan diri sebagai seseorang yang lebih tinggi pemahamannya dalam sebuah topik.

3. Gunakan peluang itu untuk berjejaring: Jangan segan untuk melakukan tindak lanjut dengan presenter materi webinar dan peserta webinar yang lain untuk melontarkan pertanyaan atau berbagi ide. Gunakan pengalaman webinar sebagai pijakan untuk melontarkan pertanyaan mengenai topik lainnya yang masih relevan karena dengan begitu pengetahuan Anda baru akan makin luas dan komprehensif

Dengan webinar kegiatan seminar, workshop, meeting, presentasi bisnis, bisa dilakukan juga dengan cara online.

Selamat mencoba.
Tunggu tips tutorial menggunakan webinar (tips 2)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top